A. Pendahuluan
Menerapkan
Teori Representasi Kemiripan Game Armikrog
A
|
pa
itu game? Mungkin kata yang satu ini adalah kata yang hampir seluruh manusia di
bumi tahu apa itu game. Meskipun berbeda suku maupun bangsa tapi jika berbicara
soal game mereka pasti tahu bahwa game adalah sebuah permainan.
Game
tidak pernah mengenal umur dan status kemasyarakat, semua kalangan boleh
menikmati game, tua-muda, kaya-miskin, maupun pria-wanita semua boleh menikmati
game. Dan memang game ini selalu bisa menghibur semua kalangan, dan selain
menghibur game ini juga mampu memberikan dampak negatif yaitu kecanduan
sehingga membuat orang yang memainkannya malas untuk melakukan aktivitas lain.
Kini
di zaman modern sudah banyak sekali seperti smartphone, tab, tablet, game
portable dan game machine lainnya. Oleh karena itu semua kalangan dihimbau
supaya lebih hati hati dan bijak dalam mengatur waktu bermain, dianjurkan
dilakukan di waktu senggang karena game merupakan aktivitas maya yang sebagian
besarnya hanya imajinasi. Penulis membuat analisis ini menggunakan pembelajaran
yang telah di sampaikan oleh dosen komunikasi visual, warto, M.kom, internet
dan analisis pribadi. Berikut pembahasannya.
B. Pembahasan
1. Pengertian
game
Permainan video (bahasa Inggris:
video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka
pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video
umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung
berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas
yang ada di dalam permainan.
Kata “video” pada
“permainan video” pada awalnya merujuk pada piranti tampilan raster. Namun
dengan semakin dipakainya istilah “video game”, kini kata permainan video dapat
digunakan untuk menyebut permainan pada piranti tampilan apapun. Sistem
elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform,
contohnya adalah komputer pribadi, ponsel pintar dan konsol permainan.
2.
Jenis jenis game
Selama ini kita hanya bisa
memainkan macam-macam jenis game tanpa tahu genre game yang kita mainkan. Berikut
jenis atau genre game yang selama ini kita nikmati :
a.
Arcade games, yaitu sering disebut ding-dong di
Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau
mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games, kebanyakan para
gamers merasa “masuk” dan “menikmati” sebuah arti permainan itu sendiri,
didukung dengan perangkat, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor
injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).
b.
PC Games , yaitu video game yang dimainkan
menggunakan Personal Computers..
c.
Console games, yaitu video games yang dimainkan
menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, dan
Nintendo Wii..
d.
Handheld games, yaitu yang dimainkan di console
khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony
PSP..
e.
Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus
untuk mobile phone atau PDA.
3.
Hubungan Game Armigrog dan Teori Representasi
Kemiripan
a.
Teori Representasi Kemiripan
1)
Nonperceptual resemblance theory
a)
Gambar merepresentasikan kemiripan dengan apa yang
diwakilinya.
b)
Ketika kita melihat gambar, tampaknya kita melihat
kesamaan/kemiripan antara gambar dan apa yang diwakilinya.
2)
Perceptual resemblance theory
Penulis mengambil pendapat Peacocke (1987), karena pendapat beliau berbanding lurus
dengan realita game saat ini, menurut Dia mengusulkan bahwa kemiripan tidak berbasis
pada kemiripan obyektif antara gambar dan subyek (bentuk asli nyata), namun
lebih kepada kemiripan subyektif antara pengalaman kita mengenai gambar
tersebut dengan pengalaman kita pada subyek.
b.
Hubungan
Teori Kemiripan dengan Game Armikrog
Mengacu pada gambar di
halaman 1, Armikrog adalah titik gerak animasi tanah liat unik yang unik dan
game petualangan. Memiliki peran utama yang bernama Tommynaut memiliki
karakterisitik kepala lonjong dengan bibir tebal serta kepala bulat dengan
rambut sedikit keriting-lurus panjang sebahu yang tertiup angin. Dia juga
memiliki badan yang proposional namun gempal bertangan panjang memakai setelan
baju berwarna coklat dan emoji senyum dibagian depan baju berlengan panjang dan
lingkaran di baju bahu atas berwarna ungu selaras dengan kaki panjang berwarna
biru tua berlari kencang dengan mengayunkan kakinya yang panjang serta melihat
ke belakang bersama anjing. Namun anjingnya tidak seperti pada umumnya dia
memiliki mata yang aneh dengan setengah lingkaran horisontal berjumalah2 buah
berwarna hitam kebiruan selaras dengan tubuhnya tetapi memiliki warna yang
lebih cerah, memiliki lidah yang panjang dan rahang atas yang panjang sedang
dikejar oleh makhluk buas bergigi jarang lancip berbentuk segitiga bermata
merah yang menyatu dengan seluruh badannya akan melahap Nut dan anjingnya
memiliki tubuh yang gempal dan berwarna coklat.
Itu merupakan gambaran apa yang kita lihat di
poster sebuah game consol, dengan berbagai gambaran yang menarik maka akan
seolah olah hidup dalam pemikirin orang yang melihatnya. Hubungan gambaran tadi
dengan teori representasi kemiripan yaitu gambar tersebut dapat mewakili apa
yang sebenarnya terjadi dalam sebuah game tersebut meskipun gambar itu ridak
bergerak dengan sendirinya tetapi mampu mewakili seluruh kegiatan yang ada di
dalam game.
C. Simpulan
Teori representatif
kemiripan merupakan perwakilan dai apa yang ada pada umumnya, dapat mewakili
dunia visual maupun objek nyata. Poster Game Armigrog merupakan penerapan dari
penggunaan teori representasi kemiripan dalam dunia game.
Comments