BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
“Komunikasi” sebuah kata yang sudah tidak asing lagi bagi kita sebab komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia yang merupakan mahluk sosial. Lalu apa itu pengertian komunikasi? Komunikasi adalah "suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat, menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisanatau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
Oleh karena itu komunikasi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Adapula yang dinamakan komunikasi massa. Komunikasi massa memiliki kemampuan untuk menjangkau ribuan bahkan jutaan audiens yang dilakukan melalui medium, seperti televisi, koran dll. Komunikasi secara umum dapat di definisikan sebagai proses penggunaan sebuah medium massa untuk mengirim pesan kepada audiens yang luas untuk tujuan memberi informasi menghibur atau membujuk
Menurut Jay Black dan Federick C Whitney dikatakan bahwa komunikasi massa adalah sebuah proses dimana pesan-pesan yang diproduksi secara massal atau tidak sedikit itu disebarkan kepada masa penerima pesan yang luas, anonim dan heterogen (Nurudin, 2017:!2)
Dari definisi diatas dapat diketahui bahwa komunikasi massa itu harus menggunakan media massa sebagai perantara penyampaian pesan kepada audiens. Media massa yang dimaksud itu seperti Radio, Televisi, majalah, koran, internet
Untuk membntu mempermudah komunikasi masa itu terwujud, maka para ahli mengemukakan model komunikasi massa. Apa itu model komunikasi massa? Model komunikasi massa adalah Model komunikasi merupakan alat untuk menjelaskan atau untuk mempermudah penjelasan komunikasi.
Dalam pandangan Sereno dan Mortensen (dalam Mulyana. 2001:121), suatu model komunikasi merupakan deskripsi ideal mengenai apa yang dibutuhkan untuk terjadinya komunikasi. Oleh karena itu model bisa disebut sebagai gambaran informal untuk menjelaskan atau menerapkan teori atau penyederhanaan teori. Fungsi model komunikasi paling tidak bisa melukiskan proses komunikasi, menunjukkan hubungan visual dan membantu dalam menemukan dan memperbaiki kendala komunikasi dalam perspektif teoritik
Gordon Wiseman dan Larry Barker (dalam Mulyana, 2001:123) menjelaskan tiga fungsi model komunikasi yaitu melukiskan proses komunikasi, menunjukkan hubungan visual, membantu dalam menemukan dan memperbaiki kemacetan komunikasi
Macam-macam model komunikasi massa sangat bragam, diantaranya Model komunikasi Massa HUB dan Model komunikasi Massa Black and Whitney. Dalam kesempatan kali ini, penyusun akan membahas tentang Model komunikasi Massa HUB dan Model komunikasi Massa Black and Whitney.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertisn Model Model komunikasi Massa HUB ?
2. Apa itu Model komunikasi Massa Black and Whitney?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Model HUB
Model HUB adalah Model lingkaran konsentris yang bergetar sebagai sebuah rangkaian proses aksi-reaksi. Model ini dikemukakan oleh Ray Eldon Hiebert, Donald F Unairt dan Thomas W. Bohn. Nama HUB diambil dari Hiebert, Unairt dan Bohn. Model ini bisa dikatakan lebih komplit. Model komunikasi massa HUB adalah model lingkaran yang dinamis dan berputar terus-menerus. Berikut skema bagan model komunikasi massa HUB.
Komunikator berada ditengah-tengah lingkaran yang artinya komunikator menyebarkan pesan keluar. Didalam proses penyebaran ide dan gagasan komunikator dibantu oleh media amplification (pengeras media) pengerasan ini berarti juga perluasan. Misalnya ide dan gagasan komunikator di televisi diperluas, diperkeraskan suaranya oleh volume televisi kepada para penontonnya. Sementara dalam media cetak, ide atau gagasan komunikator diperluas oleh jangkauan media cetak.
Media massa tidak bisa berdiri sendiri, ada banyak faktor yang ikut memengaruhi proses peredaran pesan-pesannya yaitu :
1. Comunicators yaitu petugas dalam organisasi yang bekerja memilih, menyusun, dan merencanakan, program-program, ide, gagasan, dan lain-lain untik disebarkan kepada khalayak
2. Codes yaitu pesan, ide, gagasan dll yang akan disampaikan oleh comunicators
3. Gatekeepers yaitu yang berfungsi untuk menyaring dan membatasi pesan yang akan diterima oleh audience. Selain itu berfungsi untuk mengubah, bahkan mengubah pesan yang akan disampaikan.
4. Mass media
5. Regulators yaitu untuk memberi perhatian atau tekanan berlebih terhadap poin, pesan atau kasus-kasus tertentu
6. Filters
7. Audience yaitu khalayak yang dituju dalam penyampaian pesan
8. Effect.
Ketika isi disebarkan kepada khalayak, saat itu juga terbuka peluang munculnya umpan balik. Jadi umpan balik sejalan dngan penyebaran pesan. Umpan balik inilah yang akan memberikan peran baru bagi komunikan untuk merencanakan pesan yang akan dikeluarkan lagi oleh komunikator.
B. MODEL BLACK DAN WHITNEY
Jay Black dan Federick C. Whitney dalam bukunya Introduction to maass communication (1988) memperkenalkan model yang lebih umum. Dia membagi proses komunikasi menjadi
1. Sumber (Source)
Proses komunikasi dimulai atau berawal dari sumber atau pengirim pesan atau komunikator, yaitu dimana gagasan ideatau pikiran disampaikan kepada pihak lainnya. Komunikator komunikasi massa pada media cetak adalah para pengisi rubrik, reporter, redaktur, pemasang iklan, dll. Sedangkan pada media elektronik komunikatornya dalah pengisi program, pemasok program, penulis naskah, produser, aktor, reporter, dll.
2. Pesan
Pesan merupakn informasi yang ingin disampaikan dari sumber kepada audience.
3. Umpan balik
Umpan balik atau feedback adalah tanggapan atau respon dari penerima pesan yang membentuk dan mengubah pesan yang aan disampaikan sumber. Sumber pertama menjadi penerima pesan, sementara penerima pertama menjadi sumber baru.
Umpan balik yang terjadi di media komunikasi massa black and whitney adalah umpan balik tidak langsung atau umpan balik tertunda. Jadi komunikan memberikan reaksi kepada komunikator dalam jangka waktu tertentu dan tidak langsung seperti dalam komunikasi tatap muka.
4. Audience
Penerima atau receiver yang menjadi sasaran atau target dari pesan. Menurut Black and Whitney audience bersifat anonim . berjumlah besar dan heterogen. Heterogen maksudnya individu-individu dalam audiens mewakili berbagai kategori sosial. Audience yang bersifat anonim maksudnya meskipun mengetahui karakteristik umum khalayakna, komunikator biasanya tidak mengetahui identitas komunikannya dan pada siapa dia berkomunikasi.
Berikut bagan model black and whitney
Sumber melalui suatu media massa ingin mempengaruhi audiens dengan menyampaikan suatu pesan atau informasi tertentu. Kemudian audiens menerima pesan tersebut, tetapi dengan cara yang berbeda karena setiap audiens memiliki ketertarikan dan juga kebutuhan yang berbeda satu dengan lainnya. Setelah pesan diterima, sebagian audiens atau semua ada yang meneruskan isi pesan tersebut kepada pihak lain dengan melakukan sharing ide. Bentuk umpan balik yang diberikan audiens merupakan umpan balik tertunda.
Fungsi komunikasi menurut model Black dan Whisney :
a. To Inform .
Menyampaikan informasi kepada khalayak yang dilakukan komunikator guna menjadikan khalayak menjadi lebih tahu
b. To entertain
Yang dilakukan komunikator untuk memberikan hiduran kepada komunikan
c. To persuaded
Komunikator mempengaruhi khalayak dalam arti komunikator menginginkan pendengarnya mempercayai bahwa fakta atau informasi itu akurat
d. Transmission budaya
Kekurangan dari model komunikasi ini yaitu model ini kurang begitu detail dalam menampilkan elemen-elemen pada komunikasi massa, misalnya model ini tidak memberikan peranan gatekeeper sebagai pelapis atau palang pintu informasi. Gatekeeper diartikan sebagai individu-individu yang memantau arus dalam sebuah saluran komunikasi.
Conth pengaplikasian model ini yaitu media sosia.
BAB III
SIMPULAN
KOMUNIKASI YANG EFEKTIF ADALAH BAGIAN UTAAMA DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN. Model HUB adalah Model lingkaran konsentris yang bergetar sebagai sebuah rangkaian proses aksi-reaksi. Model ini dikemukakan oleh Ray Eldon Hiebert, Donald F Unairt dan Thomas W. Bohn
Media massa tidak bisa berdiri sendiri, ada banyak faktor yang ikut memengaruhi proses peredaran pesan-pesannya yaitu :Comunicators Codes, Gatekeepers , Mass media, Regulators, Filters,Audience, Effect.
Jay Black dan Federick C. Whitney dalam bukunya Introduction to maass communication (1988) memperkenalkan model yang lebih umum. Dia membagi proses komunikasi menjadi sumber, pesan, umpan balik audience
Fungsi komunikasi menurut model Black dan Whisney : To Inform .To entertain, To persuaded, Transmission budaya
DAFTAR PUSTAKA
Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya
Nurudin. 2013. Pengantar Komunikasi Massa
Comments